Skip to main content

Cara install bluestacks di laptop

Tutorial dasar BASCOM (Dasar Basic Compiler) Untuk mikrokontroller ATMEL. Sebelum memulai belajar bahasa BASCOM ada baiknya anda mengetahui dasar-dasar dari bahasa BASCOM tersebut. Apa saja dasar-dasar bahasa BASCOM tersebut? Dasar-dasarnya adalah seperti Tipe data, cara penulisan konstanta, Mendeklarasikan variabel, Operator dan lain sebagainya. TIPE DATA BASCOM Baiklah pada tutorial kali ini saya akan memberikan penjelasan langsung kepada anda. Bahasa BASCOM memiliki beberapa tipe data. Tipe-tipe data tersebut antara lain adalah:
NO Tipe Jangkauan
1 Bite 0 atau 1
2 Byte 0-255
3 Integer -32768 - 32767
4 Word 0 - 65535
5 Long -2147483648 - 2147483647
6 Singel 1.5x10^-45 - 3.4x10^38
7 Doubel 5.0x10^-324 - 1.7x10^308
8 String >254 Byte
KONSTANTA PADA BASCOM   Konstanta adalah bilangan yang tidak dapat diubah. Nilai Konstanta harus didefenisikan pada saat program pertama kali dijalankan. Contoh penetapan konstanta. Nilai konstanta bisa berupa string, pecahan ataupun angka A=7 VARIABEL PADA BASCOM Tahukan anda apa itu variabel. Ok.. waktu kita belajar matematika kita sering disajikan dengan soal-soal seperti A+2=5 A = 3 Dari bentuk penjumlahan di atas, bahwa A dinamakan dengan nama Variabel. Jadi pendefenisian A = 5 berarti bahwa isi dari variabel A adalah 5. Ada beberapa syarat dalam membuat variabel dalam membuat program pada BASCOM 1. Karakter pertama harus huruf dan Hanya boleh berisi huruf,angka dan garis bawah(underscore) 2. Panjangnya tidak boleh lebih dari 32 karakter DEKLARASI PADA BASCOM Deklerasi pada bascom sangat penting. Apa itu deklarasi? Anda bisa melihat dari contoh di bawah ini. DEKLARASI VARIABEL PADA BASCOM Mendeklarasikan variabel artinya memberitahukan / mengatakan kepada sistem variabel tersebut bertipe apa.. Contoh : Dim A as integer DEKLARASI KONSTANTA PADA BASCOM Pendeklarasian konstanta pada Bahasa BASCOM dilakukan seperti pada contoh di bawah: A=5 C= "Hello World" DEKLARASI FUNGSI PADA BASCOM Declare function namafungsi(byval namavariabel as tipevariabel) as tipe fungsi Mendeklarasikan fungsi seperti contoh di bawah: Declare Function Test(byval C as integer) As Integer OPERATOR PADA BASCOM Operator pada bahasa bascom merupakan suatu simbol untuk melakukan perintah seperti aritmatika,hubungan,logika,operator bitwise. Penjelasannya dapat anda baca di bawah ini: 1. Operator Penugasan ("=")Contoh dari operator ini adalah A = 5 2. Operator Aritmatika Pada Operator Aritmatika, Bahasa Bascom menyediakan lima operator untuk aritmatika antara lain:
Simbol Aritmatik Fungsi Contoh
* Untuk melakukan perkalian jika B = 3 A = B * 5 maka nilai A = 15
/ Untuk melakukan pembagian jika B = 10 A = B / 2 maka nilai A = 5
% Untuk sisa pembagian jika B = 9 A = B % 5 maka nilai A = 4 (sisa dari 8/5 = 1 sisanya 4)
+ Untuk penjumlahan jika B = 5 A = B + 5 maka nilai A = 10
- Untuk pengurangan jika B = 10 A = B - 3 maka nilai A = 7
1. Operator Hubungan
Simbol Hubungan Nama Hubungan Contoh
= Equality/Sama dengan X = Y
<> Inequality/tidak sama dengan X <> Y
< Less than/lebih kecil dari X < Y
> Greater than/Lebih besar dari A > B
<= Less than or equal to (lebih kecil atau sama dengan) A<=B
>= Greater than or equal to (lebih besar atau sama dengan) A>=B
2. Operator Logika
Simbol Logika Fungsi Contoh
NOT Complement/membalikan nilai jika B = TRUE A = NOT(B) maka nilai A = FALSE
AND Conjuction/Operasi and jika A = 2 A = B And 1 maka nilai A = 0
OR Disjunction/Operasi OR jika B = 2 A = B Or 1 maka nilai A = 3
XOR Exclusif Or A = B XOR 5 maka nilai A = 7
3. Operator Bitwise
Perintah Bitwise Fungsi Contoh
Shift A,Left,C Pergeseran bit kekiri tidak beserta carry jika A = 1 C = Shift A,Left,1 maka nilai C = 2 -> 0000 0001 -> 0000 0010 (angka satu bergeser kekiri)
Shift A,Right,C Pergeseran bit kekanan tidak beserta carry jika A = 1 C = Shift A,Right,1 maka nilai C = 2 -> 0000 0001 -> 0000 0010 (angka satu bergeser kekanan)
Rotate A,Left,C Pergeseran bit kekiri (bit ke7 masuk ke bit 0) jika A = 128 C = Rotate A,Left,1 maka nilai C = 1 -> 1000 0000 -> 0000 0001 (angka satu bergeser kekiri)
Rotate A,Right,C Pergeseran bit kekiri (bit ke0 masuk ke bit 7) jika A = 1 C = Rotate A,Right,1 maka nilai C = 128 -> 0000 0001 -> 1000 0000 (angka satu bergeser kekanan)
semoga bermanfaat dan selamat berkarya. Jika mament belum memiliki Softwarenya silahkan download di sini

Popular posts from this blog

Kode CSS

/* Outer-Wrapper ------------------------------------------ */ #outer-wrapper { width: 840px margin:0 auto; padding:10px; text-align:left; font: $bodyfont; } #main-wrapper { width: 410px; float: left; word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */ overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */ } #sidebar-wrapper { width: 220px; float: right; padding-left:10px; /* yg ini tambahan juga biar tampak ada jarak sela */ word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */ overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */ #sidebarbaru-wrapper { width: 180px; float: right; padding-left:10px; word-wrap: break-word; overflow: hidden; }

Skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Minat Beli Penumpang Bus DAMRI Unit Angkutan Kota Bandung

Perkembangan moda transportasi publik yang semakin beraneka ragam diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan sistem transportasi berbasis online guna memberikan kemudahan dalam menggunakan transportasi umum. Saat ini tingkat kemacetan kota Bandung semakin meningkat, setidaknya ada sekitar 1,25 juta kendaraan bermotor yang lalu lalang setiap harinya. Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Keputusan penentuan harga juga sedemikian penting dalam menentukan seberapa jauh sebuah layanan/jasa dinilai oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan tarif terhadap minat beli penumpang bus DAMRI unit angkutan kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengumpulan data, telah disebarkan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang mana

Teknik Berlatih Mengembangkan Lima Modalitas

Berikut adalah teknik berlatih sederhana agar anda dapat mengembangkan VAKOG. Visual : Jika Anda menonton sebuah film, cobalah menghilangkan suara film tersebut. Kemudian, Anda berusaha memahami isi cerita film tersebut.  Auditory : Jika mendengarkan konser music, cobalah memusatkan perhatian hanya pada salah satu alat music.  Kinaesthetic : Jika Anda sedang mendengarkan sebuah lagu, cobalah bergerak mengikuti irama lagu tersebut.  Olfactory dan Gustatory : Jika Anda sedang menikmati sebuah hidangan makanan, cobalah mengnali bahan-bahan yang dipakai untuk membuat makanan tersebut.  Berikut ciri-ciri manusia yang memiliki kecenderungan menggunakan modalitas tertentu sebagai modalitas utamanya dalam berkomunikasi. Ciri-ciri yang disampaikan berikut, biasanya dapat dikenali juga melalui pemilihan kata kerja yang digunakan dalam berkomunikasi. Orang-orang berciri VISUAL adalah sebagai berikut: Orang ini umumnya bernafas cepat, pandangan muka ke atas, suaranya pun bernada cepat dan tinggi.